Selasa, 02 November 2010

Metodologi dalam Menuntut Ilmu

Syaikh Al Utsaimin rahimahullah ditanya : Bagaimana metodologi atau panduan ringkas dalam menuntut ilmu ? Jazakallohu khoiron.

Beliau rahimahullah menjawab :
Metodologi menuntut ilmu secara ringkas (dapat) disarikan pada point-point berikut ini ,

Pertama : Curahkanlah kesungguhan dalam menghafalkan Al Qur’an, tentukanlah jumlah tertentu pada tiap harinya, engkau terus kontinyu dalam membacanya dan hendaklah Al Qur’an yang engkau baca itu diresapi dan dipahami. Apabila engkau menemui suatu faedah maka catatlah.

Kedua : Curahkanlah kesungguhan dalam menghafal hadits-hadits shohih Rosulullah sholallohu ‘alaihi wasallam yang relatif ringan, diantaranya adalah kitab Umdatul Ahkam.

Ketiga : Curahkanlah kesungguhan dalam memfokuskan dirimu dan selalu konsisten, sebab engkau tidak bisa menyerap ilmu dengan cara mengambil sedikit dari sini dan sedikit dari sana, karena hal ini akan menyia-nyiakan waktu dan mengganggu konsentrasimu.

Keempat : Awalilah dengan kitab-kitab kecil dan perhatikanlah dengan baik, setelah itu beralihlah pada kitab-kitab yang berada diatasnya (lebih berat) sehingga engkau dapat menimba ilmu sedikit demi sedikit dengan cara yang dapat meresap kuat ke dalam lubuk hatimu dan jiwamu pun merasa tentram dengannya.

Kelima : Bersungguh-sungguhlah dalam mengenali prinsip dasar masalah serta kaidah-kaidahnya, kemudian catatlah segala sesuatu yang sampai kepadamu melalui jalan ini. Telah diungkapkan : “Barangsiapa terhalang mendapatkan ilmu ushul maka terhalanglah dia untuk sampai pada tujuan.”

Keenam : Berdiskusilah tentang berbagai masalah dengan Syaikhmu atau dengan teman-temanmu yang engkau percayai dari segi keilmuan dan kualitas agamanya.
Apabila proses diskusi tidak bisa dilakukan dengan orang-orang tersebut maka lakukanlah diskusi walaupun hanya dengan menghadirkan dalam benakmu bahwa seseorang berdiskusi denganmu dalam masalah itu.


-dinukil dari KITABUL ‘ILMI karya Syaikh Muhammad bin Sholih Al Utsaimin ; edisi terjemah “Tuntunan Ulama Salaf dalam Menuntut Ilmu Syar’i” terbitan Pustaka Sumayyah-


sumber: http://ummfulanah.wordpress.com/2009/07/06/metodologi-dalam-menuntut-ilmu/

0 komentar:

Posting Komentar

thank you