Sabtu, 24 Juli 2010

Akhir Perjalanan Sang Perantau

Orang asing bukanlah orang yg merantau ke negeri syam atau yaman
Tp orang asing adl, org yg merantau ke kuburnya bersama kain kafan
Sungguh si perantau punya hak yang harus dipenuhi
Oleh tuan rumah yang daerahnya sedang dilalui
—   —
Janganlah kau hardik orang asing ketika sedang dalam perantauan
Karena masa telah menghardiknya dg kehinaan dan banyak cobaan
Perantauanku jauh… padahal bekalku tidak mencukupi
Kekuatanku semakin rapuh… sedang mati terus meminta diri
—   —
Aku tentu punya banyak sisa dosa, yang aku tak mengetahuinya
Dosa saat sendiri, maupun saat bersama, tapi Alloh pasti mengetahuinya
Betapa sayangnya Alloh padaku… krn telah menangguhkan hukuman-Nya
Bahkan Dia tetap menutupi dosaku… meski aku terus melakukannya
—   —
Hari-hariku terus berjalan
Tanpa penyesalan, tangisan, ketakutan, ataupun kesedihan
Akulah orang yang biasa menutup pintu
Untuk giat dalam maksiat, padahal Mata Alloh selalu mengawasiku
—   —
Salah sudah tercatat, dalam kelalaian yang telah lewat
Dan sekarang, tinggal penyesalan di hati yg terus menyayat-nyayat
Biarkanlah ku ratapi dan ku ajak diriku
untuk muhasabah dan prihatin dalam sisa masa hidupku
—   —
Wahai orang yang selalu menghinaku, tinggalkan hinaanmu!
karena jika kau tahu keadaanku, tentu kau takkan melakukan itu
Biarkanlah ku usap linangan air mata, yang tak mau berhenti ini
Maka adakah tetesan air mata ini, dapat menyelamatkan diri?!
—   —
Dan seakan-akan aku sekarang
tergeletak tak berdaya diatas ranjang
di hadapan seluruh sanak keluarga
yang membolak-balikkan tubuhku dengan tangan mereka
—   —
Lalu berkumpullah di sekelilingku, orang yang meratapiku
menangisiku, memanggil namaku, dan menyesali keadaanku
Mereka telah mendatangkan tabib untuk mengobatiku
Tapi aku yakin, saat ini ia takkan mampu menyembuhkanku
—   —
Selanjutnya nafasku semakin tak karuan
Ajal mulai merenggutku, dr setiap urat nadi, dg tanpa keramahan & kehalusan
Kemudian ruhku keluar dari jasadku yang meronta
Hingga ludahku saat itu menjadi pahit rasa
—   —
Mereka pun menutup mataku
Lalu pergi membeli kafan setelah putus asa atas kesembuhanku
Orang yang dulunya paling ku kasihi
Segera mencari pemandi mayat yang mau menghampiri
—   —
Dia mengatakan: Wahai kaumku, kami ingin pemandi mayat yg lihai
merdeka, ahli syair, cerdas, mengerti, dan pandai
Akhirnya datanglah seorang dari mereka menghampiriku
ia melepas pakaianku, menelanjangiku, dan menyendirikanku
—   —
Dengan terlentang di gerabah, ia membiarkanku
sedang pancuran air yang akan membersihkan ada di atasku
Ia pun mengucurkan air dari atasku, dan membilasku dengan tiga bilasan
Setelah itu, ia meminta orang-orang agar mendatangkan kain kafan
—   —
Orang-orang itu memakaikan padaku pakaian yang tanpa saku
Dan jadilah bekalku hanya parfum kematian, saat mereka memarfumiku
Mereka kini telah mengeluarkanku dari dunia… Duhai malangnya aku
Sebagai seorang perantau tanpa bekal yang dapat mengantarkanku
—   —
Mulailah 4 lelaki mengangkat jasadku di atas pundak
Dan di belakangku terlihat para pelayat yang mengarak
Mereka lalu meletakkanku di mihrob depan
Lalu ke belakang imam untuk sholat & mengucapkan kata perpisahan
—   —
Mereka menyolatiku, dg sholat yg tanpa ada ruku’ dan sujudnya
Dengan iringan doa semoga Alloh mencurahkan padaku rahmat-Nya
(Sampai di kuburan), mereka menurunkanku ke liang lahat dg perlahan
Dan mulailah salah satu dari mereka menguburkan
—   —
Dia membuka kain yg menutupi wajahku untuk melihatku
Hingga mengucur dr kedua matanya, air yg mampu menenggelamkanku
Ia lalu berdiri dg penuh hormat… Dan dengan tekad yang bulat…
ia menata bata di atasku… lalu beranjak meninggalkanku…
—   —
Ia mengatakan: “Uruklah dia dengan tanah kuburan
Dan raihlah pahala kebaikan dari Ar-Rohman, yg memiliki banyak pemberian!
Di liang kubur yang gelap itu, tak ada bapak yang penyayang
Tak ada ibu, atau pun saudara yang dapat membuatmu senang
—   —
(Stlh itu) datanglah sosok yg membuatku gemetar, saat mata ini menatapnya
Karena tampang yang sangat menakutkan orang yg melihatnya
Itulah malaikat Munkar dan Nakir… Apa yg akan ku katakan pada mereka?!
Di saat mereka benar-benar telah membuatku sangat takut dan kaget tiada tara
—   —
Mereka mulai mendudukkanku, dan mengintrogasiku
Sungguh ya Tuhan, tiada seorang pun selain Engkau yg dpt menyelamatkanku
Maka berikanlah maaf-Mu padaku, wahai Harapanku
Sungguh aku sekarang terjerat & tergadai oleh dosa-dosaku
—   —
Adapun keluargaku… setelah pulang, mereka membagi-bagi hartaku
Di lain sisi, dosa-dosaku menjadi semakin terasa berat di pundakku
Sedang istriku… ia mencari suami lain yang menjadi pengganti sepeninggalku
Lalu menyerahkan kekuasaan harta & rumah padanya (yg dulunya adlh milikku)
—   —
Adapun anakku… mereka berubah menjadi budaknya yg harus melayaninya
Sedang hartaku… sekarang semuanya menjadi halal & barang gratis utk mereka
Oleh karena itu, janganlah engkau terkecoh dengan dunia & perhiasannya!
Lihatlah apa yang diperbuatnya kepada tempat tinggal dan keluarganya
—   —
Lihatlah orang yang berhasil mengumpulkan dunia seisinya
Apakah ia akan pergi dari dunia dg selain hanuth & kafannya?!
Bersikaplah qona’ah dan rela terhadap dunia!
walau kau hanya memiliki badan yang sehat (dan hidup sederhana)
—   —
Wahai penanam kebaikan… pasti kau nanti akan memanen buahnya
Wahai penanam keburukan… pasti kau akan dimintai tanggung jawabnya
Wahai jiwa ini, berhentilah menjalani maksiatmu
Dan mulailah beramal yang baik, semoga Alloh merahmatimu
Wahai jiwa ini, segeralah bertaubat dan lakukanlah kebaikan
Semoga engkau raih balasan kebaikan, saat melewati kematian
—   —
Semoga sholawat tercurahkan kepada Nabi dan Penghulu pilihan
Selama kilat masih menerangi negeri Syam dan dataran Yaman
Segala puji bg Alloh, yg ketika pagi & sore selalu memberi kita kebaikan
Juga maaf, ke-ihsan-an, dan banyak lagi pemberian
—   —
Alih bahasa oleh: Addariny, di Madinah, 21 /11/1430 H
Untaian kata diatas adalah tarjamahan syair milik Zainal Abidin -rohimahulloh- berikut kami sertakan naskah aslinya
لَيْسَ الغَََََرِِيبُ غََرِيبَ الشَّامِ وَاليمنِ           إنَّ الغَريبَ غَريبُ اللحْدِ والكَفَنِ
إنَّ الغريبَ لَهُ حَق لِغُربَتِهِ              علَى المُقِيمينَ فى الأوْطَانِ والسَّكَنِ
لا تنهرنّ غريباً حال غربته                      الدهر ينهره بالذل والمحن
سفْرى بعيدٌ وزادى لن يبلغني                  وقوتي ضعفت والموت يطلبني
ولي بقايا ذنوب لست أعلمها                  الله يعلمها في السر والعلن
ما أحلم الله عني حيث أمهلني                وقد تماديت فى ذنبي ويسترني
تمر ساعات أيامي بلا ندم                      ولا بكاء ولا خوف ولا حزن
أنا الذى أغلق الأبواب مجتهدا                  على المعاصي وعين الله تنظرني
يا زلة كُتبت في غفلة ذهبت                  يا حسرة بقيت في القلب تُحرِقني
دعني أنوح على نفسي وأندبها                 وأقطع الدهر بالتذكير والحزن
دع عنك عذلي يا من كان يعذلني             لو كنت تعلم ما بي كنت تعذرني
دعني أسِحّ دموعا لا انقطاع لها                 فهل عسى عبرة منها تخلصني
كأنني بين كل الأهل منطرحا                   على الفراش وأيديهم تقلبني
وقد تجمع حولي من ينوح ومن                يبكي عَلَيّ وينعاني ويندبني
وقد أتوا بطبيب كي يعالجني                   ولم أرى الطب هذا اليومَ ينفعني
واشتد نزعي وصار الموت يجذبها              من كل عرق بلا رفق ولا وهن
واستخرج الروح مني في تغرغرها              وصار ريقي مريراً حين غرغرني
وغمضوني وراح الكل وانصرفوا               بعد الإياس وجدوا في شرا الكفن
وقام من كان حِبَّ الناس في عجل             نحو المغسل يأتيني يغسلني
وقال يا قومُ نبغي غاسلاً حذقاً                 حراً أديباً أريباً عارفاً فطن
فجاءني رجل منهم فجردني                    من الثياب وأعراني وأفردني
وأودعوني على الألواح منطرخا                 وصار فوقي خرير الماء يُنظِفُني
وأسكب الماء من فوقي وغسلني                غسلا ثلاثا ونادى القومَ بالكفن
وألبسوني ثياباً لا كمام لها                      وصار زادي حنوطي حين حنطني
وأخرجوني من الدنيا فوا أسفاه                 على رحيل بلا زاد يبلغني
وحملوني على الأكتاف أربعة                   من الرجال وخلفي من يشيعني
وقدموني إلى المحراب وانصرفوا                  خلف الامام فصلى ثم ودعني
صلوا عليّ صلاة لا ركوع لها                  ولا سجود لعل الله يرحمني
وأنزلوني إلى قبري على مَهَل                    وقدموا واحدا منهم يلحدني
وكشّف الثوب عن وجهي لينظرني             وأسبل الدمع من عينيه أغرقني
فقام محترما بالعزم مشتملاً                     وصفّف اللَبْن من فوقي وفارقني
وقال هُلُّوا عليه الترب واغنتموا                 حسن الثواب من الرحمن ذي المنن
فى ظلمة القبر لا أمٌّ هناك ولا                   أب شفيق ولا أخ يؤنسني
وهالني صورة فى العين إذ نظرت               من هول مطلع ما قد كان أدهشني
من منكر ونكير ما أقول لهم                   قد هالني أمرهم جداً فأفزعني
وأقعدوني وجدوا في سؤالهم                   مالي سواك إلهي من يخلصني
فامنن عليّ بعفوٍ منك يا أملي                  فإنني موثق بالذنب مرتَهَن
تقاسم الأهل مالي بعدما انصرفوا               وصار وزري على ظهري فأثقلني
واستبدلت زوجتي بعلاً لها بعدني               وحكمته على الأموال والسكن
وصيرت ولدي عبداً ليخدمها                  وصار مالي لهم حلاّ بلا ثمن
فلا تغرنك الدنيا وزينتها                      وانظر إلى فعلها في الأهل والوطن
وانظر إلى من حوى الدنيا بأجمعها              هل راح منها بغير الحنط والكفن
خذ القناعة من دنياك وارض بها                لو لم يكن لك إلا راحة البدن
يا زارع الخير تحصد بعده ثمراً          يا زارع الشر موقوف على الوهن
يا نفس كفي عن العصيان واكتسبي              فعلا جميلا لعل الله يرحمني
يا نفس ويحك توبي واعملي حسنا           عسى تجازَيْن بعد الموت بالحسن
ثم الصلاة على المختار سيدنا                 ما وضَّأَ البرق فى شام وفي يمن
والحمد لله ممسينا ومصبحنا               بالخير والعفو والإحسان والمنن


 http://addariny.wordpress.com/

Kontradiksi


Dengan merendah, ku terangkat tinggi
Karena meninggi, ku jadi rendah diri
—   —
Ketika merasa alim, aku dalam kejahilan
Karena rasa jahilkulah, tanda kealiman
—   —
Besar hatiku… ketika ku anggap kecil masalahku…
Besarnya permasalahan… adlh tanda kecilnya pengharapan…
—   —
saat ku rasa dlm kebebasan, ternyata ku dalam penghambaan
Adakah selain menghamba pada Ar-Rohman, atau menghamba pada setan?!
—   —
Perasaan kaya, adalah biang kefakiran
Siapa merasa kaya terhadap amalan, pasti akan fakir pahala kebaikan
—   —
Saat datang kesedihan, berarti ku nanti kebahagiaan
Adakah kesedihan, tanpa percikan kebahagiaan?!
—   —
Ketika ku ahli dalam sesuatu, aku bodoh dalam hal lainnya
Tiada yang sempurna ilmunya, selain Alloh yg Maha Esa
—   —
saat ku kejar dunia, ia seakan lari
saat ku harus meninggalkannya, ia malah datang menggoda hati
—   —
Dan makin jauh perjalanan hidupku, adalah makin dekatnya ajalku
Ya Alloh… Jadikanlah akhir kematianku itu awal kehidupanku
(oleh: Addariny, Madinah ’07-’09)

 http://addariny.wordpress.com/

Bekal Takwa






Berbekallah ketakwaan karena sesungguhnya engkau tidak tahu…


Jika malam telah tiba apakah engkau masih bisa hidup hingga pagi hari


Betapa banyak orang yang sehat kemudian meninggal tanpa didahului sakit…


Dan betapa banyak orang yang sakit yang masih bisa hidup beberapa lama



Betapa banyak pemuda yang tertawa di pagi dan petang hari


Padahal kafan mereka sedang ditenun dalam keadaan mereka tidak sadar


Betapa banyak anak-anak yang diharapkan panjang umur…


Padahal tubuh mereka telah dimasukkan dalam kegelapan kuburan


Betapa banyak mempelai wanita yang dirias untuk dipersembahkan kepada mempelai lelaki…


Padahal ruh mereka telah dicabut tatkala di malam lailatul qodar





www.firanda.com

Menjaga Lisan dari Mengutuk/Melaknat


Penulis: Ummu Ishaq Al Atsariyah.:


Kata laknat yang sudah menjadi bagian dari bahasa Indonesia memiliki dua makna dalam bahasa Arab :



Pertama : Bermakna mencerca.

Kedua : Bermakna pengusiran dan penjauhan dari rahmat Allah.

Ucapan laknat ini mungkin terlalu sering kita dengar dari orang-orang di lingkungan kita dan sepertinya saling melaknat merupakan perkara yang biasa bagi sementara orang, padahal melaknat seorang Mukmin termasuk dosa besar.

Tsabit bin Adl Dlahhak radhiallahu 'anhu berkata :

“Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wa Sallam bersabda : ‘Siapa yang melaknat seorang Mukmin maka ia seperti membunuhnya.’ ” (HR. Bukhari dalam Shahihnya 10/464)



Ucapan Nabi Shallallahu 'Alaihi Wa Sallam : ((“Fahuwa Kaqatlihi”/Maka ia seperti membunuhnya)) dijelaskan oleh Al Hafidh Ibnu Hajar Al Asqalani rahimahullah dalam kitabnya Fathul Bari : “Karena jika ia melaknat seseorang maka seakan-akan ia mendoakan kejelekan bagi orang tersebut dengan kebinasaan.”



Sebagian wanita begitu mudah melaknat orang yang ia benci bahkan orang yang sedang berpekara dengannya, sama saja apakah itu anaknya, suaminya, hewan atau selainnya.



Sangat tidak pantas bila ada seseorang yang mengaku dirinya Mukmin namun lisannya terlalu mudah untuk melaknat. Sebenarnya perangai jelek ini bukanlah milik seorang Mukmin, sebagaimana Nabi Shallallahu 'Alaihi Wa Sallam bersabda :



“Bukanlah seorang Mukmin itu seorang yang suka mencela, tidak pula seorang yang suka melaknat, bukan seorang yang keji dan kotor ucapannya.” (HR. Bukhari dalam Kitabnya Al Adabul Mufrad halaman 116 dari hadits Abdullah bin Mas’ud radhiallahu 'anhu. Hadits ini disebutkan oleh Syaikh Muqbil bin Hadi Al Wadi’i hafidhahullah dalam Kitabnya Ash Shahih Al Musnad 2/24)



Dan melaknat itu bukan pula sifatnya orang-orang yang jujur dalam keimanannya (shiddiq), karena Nabi Shallallahu 'Alaihi Wa Sallam bersabda :

“Tidak pantas bagi seorang shiddiq untuk menjadi seorang yang suka melaknat.” (HR. Muslim no. 2597)



Pada hari kiamat nanti, orang yang suka melaknat tidak akan dimasukkan dalam barisan para saksi yang mempersaksikan bahwa Rasul mereka telah menyampaikan risalah dan juga ia tidak dapat memberi syafaat di sisi Allah guna memintakan ampunan bagi seorang hamba.

Nabi Shallallahu 'Alaihi Wa Sallam bersabda : “Orang yang suka melaknat itu bukanlah orang yang dapat memberi syafaat dan tidak pula menjadi saksi pada hari kiamat.” (HR. Muslim dalam Shahihnya no. 2598 dari Abi Darda radhiallahu 'anhu)



Perangai yang buruk ini sangat besar bahayanya bagi pelakunya sendiri. Bila ia melaknat seseorang, sementara orang yang dilaknat itu tidak pantas untuk dilaknat maka laknat itu kembali kepadanya sebagai orang yang mengucapkan.



Imam Abu Daud rahimahullah meriwayatkan dari hadits Abu Darda radhiallahu 'anhu bahwasannya Nabi Shallallahu 'Alaihi Wa Sallam bersabda : “Apabila seorang hamba melaknat sesuatu maka laknat tersebut naik ke langit, lalu tertutuplah pintu-pintu langit. Kemudian laknat itu turun ke bumi lalu ia mengambil ke kanan dan ke kiri. Apabila ia tidak mendapatkan kelapangan, maka ia kembali kepada orang yang dilaknat jika memang berhak mendapatkan laknat dan jika tidak ia kembali kepada orang yang mengucapkannya.”



Kata Al Hafidh Ibnu Hajar hafidhahullah tentang hadits ini : “Sanadnya jayyid (bagus). Hadits ini memiliki syahid dari hadits Ibnu Mas’ud radhiallahu 'anhu dengan sanad yang hasan. Juga memiliki syahid lain yang dikeluarkan oleh Abu Daud dan Tirmidzi dari hadits Ibnu Abbas radhiallahu 'anhuma. Para perawinya adalah orang-orang kepercayaan (tsiqah), akan tetapi haditsnya mursal.”



Ada beberapa hal yang dikecualikan dalam larangan melaknat ini yakni kita boleh melaknat para pelaku maksiat dari kalangan Muslimin namun tidak secara ta’yin (menunjuk langsung dengan menyebut nama atau pelakunya).

Tetapi laknat itu ditujukan secara umum, misal kita katakan : “Semoga Allah melaknat para pembegal jalanan itu… .”



Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wa Sallam sendiri telah melaknat wanita yang menyambung rambut dan wanita yang minta disambungkan rambutnya.



Beliau juga melaknat laki-laki yang menyerupai wanita dan wanita yang menyerupai laki-laki dan masih banyak lagi.

Berikut ini kami sebutkan beberapa haditsnya : “Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wa Sallam melaknat wanita yang menyambung rambutnya (dengan rambut palsu/konde) dan wanita yang minta disambungkan rambutnya.” (HR. Bukhari dan Muslim dalam Shahih keduanya)



Beliau Shallallahu 'Alaihi Wa Sallam mengabarkan :

“Allah melaknat wanita yang membuat tato, wanita yang minta dibuatkan tato, wanita yang mencabut alisnya, wanita yang minta dicabutkan alisnya, dan melaknat wanita yang mengikir giginya untuk tujuan memperindahnya, wanita yang merubah ciptaan Allah Azza wa Jalla.” (HR. Bukhari dan Muslim dari shahabat Ibnu Mas’ud radhiallahu 'anhu)



“Allah melaknat laki-laki yang menyerupai wanita dan wanita yang menyerupai laki-laki.” (HR. Bukhari dalam Shahihnya)



Dibolehkan juga melaknat orang kafir yang sudah meninggal dengan menyebut namanya untuk menerangkan keadaannya kepada manusia dan untuk maslahat syar’iyah. Adapun jika tidak ada maslahat syar’iyah maka tidak boleh karena Nabi Shallallahu 'Alaihi Wa Sallam bersabda :
“Janganlah kalian mencaci orang-orang yang telah meninggal karena mereka telah sampai/menemui (balasan dari) apa yang dulunya mereka perbuat.” (HR. Bukhari dalam Shahihnya dari hadits ‘Aisyah radhiallahu 'anha)



Setelah kita mengetahui buruknya perangai ini dan ancaman serta bahayanya yang bakal diterima oleh pengucapnya, maka hendaklah kita bertakwa kepada Allah Ta’ala. Janganlah kita membiasakan lisan kita untuk melaknat karena kebencian dan ketidaksenangan pada seseorang. Kita bertakwa kepada Allah Ta’ala dengan menjaga dan membersihkan lisan kita dari ucapan yang tidak pantas dan kita basahi selalu dengan kalimat thayyibah.

Wallahu a’lam bis shawwab.




(Dikutip dari MUSLIMAH Edisi 37/1421 H/2001 M Rubrik Akhlaq, MENJAGA LISAN DARI MELAKNAT Oleh : Ummu Ishaq Al Atsariyah. Terjemahan dari Kitab Nasihati lin Nisa’ karya Ummu Abdillah bintu Syaikh Muqbil Al Wadi’iyyah dengan beberapa perubahan dan tambahan)

thank you