Kamis, 04 November 2010

Tips Agar Anak Senang Membaca

Para ahli membaca mengatakan, bahwa membaca adalah sesuatu yang paling penting dari semua ketrampilan belajar. Karena kenyataannya, sebagian besar dari semua pekerjaan sekolah memerlukan aktivitas membaca. Pemikiran kritis serta imajinasi mengalir dari waktu-waktu membaca. Kemampuan menulis serta berbicara dengan baik adalah hasil dari jumlah serta kualitas membaca.

Peneliti juga mengemukakan bahwa pembaca-pembaca yang baik dihasilkan melalui orangtua yang membatasi anaknya menonton televisi ^^ , dan mendorong anak-anak untuk membaca dengan cara menyediakan bahan bacaan yang menarik secara berlimpah.

Jauh sebelum bayi-bayi memahami bahasa percakapan, persinggungan awal mereka dengan kata-kata, cerita-cerita, buku-buku, obrolan, dan pembacaan, memberi rangsangan yang dibutuhkan oleh otak mereka. Penelitian (lagi-lagi) menunjukkan bahwa buku-buku yang dibacakan pada anak-anak secara signifikan memberikan rentang kata-kata lebih luas daripada mendengarkan TV (^^).

Berikut adalah beberapa hal sederhana yang bisa anda lakukan untuk meningkatkan pembacaan dalam kehidupan anak anda yang masih kecil :
1. Taruhlah label pada kotak mainannya, lemarinya, laci-lacinya, dan barang-barang lainnyaPasanglah nama anak anda pada pintu kamar tidurnya. Tunjukkanlah kepadanya bahwa kata-kata dapat digunakan untuk mengenal barang-barang. Ini nih, yang sering saya lakukan dirumah. Mulai dari lemari, meja, kulkas, smuanya saya kasih label, dan dengan sendirinya, saLamah serta naiLah belajar huruf dan membaca ^^

2. Bacakanlah buku cerita kepada anak andaSehingga bisa memberikan inspirasi pada mereka. Remember, bacaan yang kita bacakan pada mereka, hendaknya cerita nyata loh, bukan fiksi !

3. Bantulah anak anda membaca kata-kata yang ada di sekeliling rumah andadi toko swalayan, atau di jalan-jalan. Misalkan, nama-nama jalan, nama toko, dll.

4. Sediakanlah beragam sumber bacaan dirumah. Atau kalo perlu, kembangkanlah PERPUTAKAAN PRIBADI dirumah.

5. Memberikan buku sebagai hadiah juga memberikan sebuah pesan yang kuat pada mereka bahwa buku-buku sangatlah bernilai !

6. Mulailah membacakan cerita dengan suara keras bagi anak-anak sejak usia sangat diniBayi anda mungkin saja belum mengerti saat itu, tetapi mendengarkan anda membacakan kata-kata dengan keras akan membantu dia menghubungkan hal membaca dengan sesuatu yang hangat dan menyenangkan.

7. Jika membaca dengan suara keras dapat menggandakan pembelajaran seorang anak, maka menonton televisi dapat membuatnya menjadi nol !!! mengapa ? karena rendahnya kualitas moral dalam banyak acara sangatlah merusak perkembangan karakter anak anda. Selama anak-anak menonton televisi, mereka pada umumnya tidak berinteraksi dengan orang lain, tidak membaca, bermain, berbicara, atau menolong siapapun. Lebih jauh, menonton televisi menutup atau menghambat imajinasi.

Selain itu, karena salah satu metode pembelajaran yang terbesar bagi anak-anak adalah meniru, maka peran yang bisa anda contohkan yaitu menanamkan rasa cinta membaca dalam diri anak-anak anda., serta mencontohkan bahwa anda-pun menyukai kegiatan membaca buku.

Jika yang anda lakukan setiap sore atau malam adalah menyalakan televisi, menonton sinetron, maka anak-anak anda pun kemungkinan akan menjadi penikmat televisi sejati. Namun, jika yang mereka lihat adalah anda bergelut dengan sebuah buku, maka mereka akan melihat bahwa anda tidak hanya memberitahu mereka untuk membaca, tetapi anda juga mempraktekkannya ^^

Terakhir, perlu diingat…, kita ingin anak-anak kita membaca bukan hanya karena mereka harus membaca, melainkan karena mereka ingin membaca ^^

-disarikan dari buku Sekolah Berawal dari Rumah karya Cheri Fuller-

0 komentar:

Posting Komentar

thank you