Jumat, 25 Februari 2011

Apa Manfaat Baca Buku ?


Anda orang yang senang baca buku ? Pastilah anda orang yang suka dengan pengetahuan, wawasan dan orang yang mengetahui banyak sekali manfaat dari membaca.

Sering orang bilang kalau buku itu "Jendela Dunia". Ya, dengan membuka buku berarti anda membuka jendela dunia. Anda bisa melihat keluar, menemukan sesuatu yang baru, atau pemandangan yang berbeda dengan apa yang ada dalam pikiran kita. bahkan ada yang bilang membaca buku berarti membuka cakrawala.

Baca buku berarti menyelami dunia lain, yaitu dunia yang ada di pikiran orang lain, sementara setiap orang memiliki dunia masing-masing. Dengan membaca kita akan menyelami dunia orang lain yang akan memberikan kita kebijaksaan yang lebih mendalam dalam menghadapi hidup.

Saat kita membaca buku tentang Tsaqofah Islam, di situ kita memahami sudut pandang penulis tentang pemahaman Islam, dan lain-lain.

Setiap buku akan membawa manfaat kepada kita jika kita mampu menangkap makna dan hikmah. Jika kita masih kesulitan menangkap makna dan hikmah dari suatu buku, berarti kita harus meningkatkan keterbukaan pikiran kita. Hikmah dan makna sebuah buku tidak akan masuk ke dalam pikiran yang tertutup.

Begitu banyak sekali manfaat dari membaca, selain kita menyelami dan mendalami pikiran orang lain, Pengetahuan dan wawasan bertambah, sehingga diripun menjadi berkembang dan tingkat keproduktifitas pun meningkat. Bagaimana tidak, Kita adalah orang yang banyak wawasan dan pengetahuan.

Sebuah Perpustakaan di tempat saya sekolah dulu menempelkan selogan di dinding, katanya " BANYAK BACA, BANYAK TAU. TIDAK BACA, SO TAU !!!". heheehee . . .

Adakah suatu buku yang tidak membawa manfaat ? (walaupun hakikat nya pemberi manfaat dan madhorot itu sejatinya hanyalah Allah, ini sebuah jalan)

Satu-satunya buku yang tidak memberikan manfaat hanyalah buku yang tidak pernah kita baca. Sekali kita membaca buku, maka makna dan hikmah buku tersebut bisa masuk ke dalam pikiran kita, jika pikiran kita terbuka. Anda adalah salah seorang yang memiliki pikiran terbuka, kita yakini. Sebab Anda mau membaca artikel ini sampai pada paragrap ini. Ini berarti, Anda akan mampu menerima makna dan hikmah dari buku manapun yang Anda baca.

0 komentar:

Posting Komentar

thank you