Rabu, 01 Desember 2010

Sombong dan Hasad, Penyakit Membinasakan

sombong_hasad_islamBerikut adalah faedah berharga dari Ibnu Taimiyah rahimahullah tentang bahaya hasad(dengki) dan kibr (sombong).
Sombong dan hasad (dengki) adalah dua penyakit yang telah menghancurkan orang terdahulu dan belakangan. Keduanya adalah dosa yang amat besar yang ada dahulu.
Sifat kibr (sombong) berawal dari Iblis sedangkan sifat hasad berasal dari Adam.
Begitu pula anak Adam yang membunuh saudaranya. Ia membunuhnya karena hasad pada saudaranya.
Karenanya, sifat sombong menafikan Islam (sikap tunduk patuh pada Allah, pen). Sebagaimana pula syirk menafikan Islam.
Islam adalah berserah diri (tunduk patuh) pada Allah semata.
Barangsiapa yang tunduk patuh pada Allah, juga pada selain-Nya, maka dia termasuk musyrik pada Allah (karena dia telah menduakan Allah, pen).
Barangsiapa yang tidak tunduk patuh pada Allah, maka dialah orang yang kibr (sombong). Inilah sebagaimana keadaan Fir’aun dan pengikutnya.
Barangsiapa yang tunduk patuh pada Allah di jalan yang hanif (lurus), maka dia adalah yang sebenar-benarnya muslim (orang yang tunduk patuh). Dialah yang sebenarnya menjadi pengikut Ibrahim sebagaimana Allah firmankan,
إِذْ قَالَ لَهُ رَبُّهُ أَسْلِمْ قَالَ أَسْلَمْتُ لِرَبِّ الْعَالَمِينَ
Ketika Rabbnya berfirman kepadanya: "Tunduk patuhlah!" Ibrahim menjawab: "Aku tunduk patuh kepada Rabb semesta alam.” (QS. Al Baqarah: 131)[1]
Baca pula penjelasan Ibnul Qayyim bahwa sumber segala macam dosa di antaranya adalah dari hasad dan kesombongan dalam artikel rumaysho.com di sini.

Worth note in the blessed morning, on 26 Dzulhijjah 1431 H (02/12/2010)
Written by: Muhammad Abduh Tuasikal

0 komentar:

Posting Komentar

thank you