Kamis, 29 Juli 2010

 Alloh Lebih Sayang Terhadap Hamba-Nya Melebihi Sayangnya Seorang Ibu Kepada Anaknya

Oleh : asy-Syaikh Salim bin Sa’ad ath-Thowil hafidzohulloh
الحمد لله الحي القيوم الذي لا يموت والإنس والجن يموتون والصلاة والسلام على المبعوث رحمة للعالمين وعلى آله وصحبه أجمعين، أما بعد
pink_loveSesungguhnya Alloh ta’ala memiliki sifat yang sempurna dan agung, Dia memiliki hikmah yang besar, apa-apa yang dikehendaki-Nya maka terjadilah dan apa-apa yang tidak dikehendaki-Nya tidak akan terjadi. Ketetapan-Nya kepada hamba-Nya yang muslim seluruhnya baik, Dialah yang berhak dipuji dan dimuliakan, dipuji atas segala sesuatu, dan rahmat-Nya meliputi segala sesuatu, dan Dia lebih sayang terhadap hamba-Nya daripada sayangnya seorang ibu kepada anaknya.
Al-Bukhori dan Muslim meriwayatkan dalam kitab shohih keduanya dari Umar bin al-Khoththob rodhiyallohu anhu :
قدم على النبي صلى الله عليه وسلم سبي، فإذا امرأة من السبي قد تحلب ثديها تسقي، إذا وجدت صبياً في السبي أخذته، فألصقته ببطنها وأرضعته، فقال لنا النبي صلى الله عليه وسلم: (أترون هذه طارحة ولدها في النار). قلنا: لا، وهي تقدر على أن لا تطرحه، فقال: (لله أرحم بعباده من هذه بولدها
“Didatangkan tawanan kehadapan Rosululloh shollallohu alaihi wa sallam, ketika itu ada seorang wanita yang payudaranya basah karena sedang masa menyusui, lalu ia mendapati seorang bayi diantara tawanan, maka iapun mangambilnya dan menempelkannya di perutnya lalu menyusuinya. Rosululloh shollallohu alaihi wa sallam pun berkata kepada kami : “Menurut kalian apakah wanita ini akan melempar anaknya ke dalam api?”, kamipun menjawab : “tidak, dan ia mampu untuk tidak melemparnya”, maka Rosululloh sholllallohu alaihi wa sallam pun bersabda : “Sesungguhnya Alloh lebih sayang terhadap hamba-Nya melebihi wanita ini terhadap anaknya.”
Saudaraku para pembaca yang budiman, betapa mulia hadits ini dalam menjelaskan luasnya rahmat Alloh ta’ala, maka demi Dzat yang jiwaku di tangan-Nya, setiap kali seorang muslim mengingat hadits ini maka bertambahlah rasa berharapnya akan rahmat Alloh yang Maha Pengasih.
Saudaraku para pembaca -semoga Alloh ta’ala memberikan taufiq kepada kita untuk mentaati-Nya-, seminggu yang lalu ketika aku sedang menulis artikel mingguan untuk “al-Ibanah”, aku mendapat telepon yang mengabarkan berita tragis, penelepon mengabarkan kepadaku bahwa al-Akh Mahir bin Fahd as-Sayir –semoga Alloh mengampuninya- telah meninggal dalam kecelakaan lalu lintas yang juga menewaskan istrinya : Ummu Fahd, dan anak-anaknya : Fahd, Yusuf, Utsman dan putrinya : Nusaibah –semoga Alloh merahmati mereka dan menempatkan mereka di surga-Nya. Hal ini mengingatkanku akan hadits Umar bin al-Khoththob rodhiyallohu anhu : “Sesungguhnya Alloh lebih sayang terhadap hamba-Nya melebihi wanita ini –yakni sang ibu- terhadap anaknya”, maka akupun mengucapkan subhanalloh yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang yang rahmat-Nya meliputi segala sesuatu, Alloh telah menetapkan kepada mereka kejadian ini, aku memohon kebaikan untuk mereka, dan mungkin Alloh telah memilihkan bagi mereka yang lebih baik daripada keadaan mereka sebelumnya, dan bisa jadi tempat dan kedudukan di sisi Alloh ta’ala tidaklah mereka dan keluarga mereka dapatkan melainkan dengan musibah ini, maka segala puji bagi Alloh di langit dan di bumi serta di dunia dan di akhirat.
Orang-orang Mukmin Adalah Para Saksi Alloh di Muka Bumi
disasterAl-Bukhori dalam Shohih-nya (2642) dan juga Muslim dalam Shohih-nya (949) meriwayatkan dari Anas rodhiyallohu anhu, ia berkata :
مر على النبي صلى الله عليه وسلم بجنازة فأثنوا عليها خيرا، فقال: (وجبت). ثم مر بأخرى فأثنوا عليها شرا، أو قال: غير ذلك، فقال: (وجبت). فقيل: يا رسول الله، قلت لهذا وجبت ولهذا وجبت؟ قال: «شهادة القوم، المؤمنون شهداء الله في الأرض
Iringan jenazah lewat di depan Nabi shollallohu alaihi wa sallam, maka para shahabat pun memujinya dengan kebaikan. Lalu beliau berkata : “wajiblah”, kemudian beliau lewat jenazah lainnya lalu para shahabat menyebutnya dengan kejelekan, atau ia (Anas) berkata : yang selain itu. Maka beliau berkata “wajiblah”, maka seseorang bertanya : wahai Rosululloh, engkau mengatakan kepada yang ini “wajiblah” dan kepada yang itu “wajiblah”? beliau bersabda : “Persaksian atas suatu kaum, orang-orang mukmin itu adalah para saksi Alloh di muka bumi.”
Lafadz ini dalam riwayat al-Bukhori.
Dan lafadz hadits dalam riwayat Muslim dari Anas bin Malik rodhiyallohu anhu, ia berkata :
مر بجنازة فأثني عليها خيرا، فقال نبي الله صلى الله عليه وسلم «وجبت وجبت وجبت»، ومر بجنازة فأثني عليها شرا. فقال نبي الله صلى الله عليه وسلم «وجبت وجبت وجبت». قال عمر: فدى لك أبي وأمي! مر بجنازة فأثني عليها خيرا فقلت: وجبت وجبت وجبت. ومر بجنازة فأثني عليها شرا فقلت: وجبت وجبت وجبت؟ فقال رسول الله صلى الله عليه وسلم «من أثنيتم عليه خيرا وجبت له الجنة. ومن أثنيتم عليه شرا وجبت له النار. أنتم شهداء الله في الأرض. أنتم شهداء الله في الأرض. أنتم شهداء الله في الأرض
lewat iringan jenazah lalu dipuji-puji dengan kebaikan, maka Nabi shollallohu alaihi wa sallam berkata “wajiblah, wajiblah, wajiblah”, kemudian lewat jenazah lainnya lalu disebut-sebut dengan kejelekan. Maka Nabi shollallohu alaihi wa sallam : “wajiblah, wajiblah, wajiblah”. Umar berkata : “Ayah dan ibuku sebagai tebusanmu! Lewat jenazah lalu dipuji dengan kebaikan engkau mengatakan : “wajiblah, wajiblah, wajiblah”, dan lewat jenazah lainnya lalu disebut-sebut dengan kejelekan engkau mengatakan : “wajiblah, wajiblah, wajiblah” juga? Rosululloh shollallohu alaihi wa sallam pun bersabda : “Jenazah yang kalian puji-puji dengan kebaikan maka wajiblah surga baginya, dan jenazah kalian sebut dengan kejelekan maka wajiblah neraka baginya. Kalian adalah para saksi Alloh di muka bumi, kalian adalah para saksi Alloh di muka bumi, kalian adalah para saksi Alloh di muka bumi.”
Kabar Gembira
Segala puji bagi Alloh yang dengan nikmat-Nya lah sempurna segala kebaikan. Akhi Mahir, istrinya dan seluruh keluarganya –yang aku ketahui- dipuji-puji dengan kebaikan. Mereka dikenal dengan keistiqomahan, agama yang baik, dan akhlaq yang baik. Maka aku dan banyak orang lainnya yang mengenal mereka, aku mendengar sebagian mereka bersaksi bahwa mereka (keluarga Mahir) berada di atas kebaikan dan kami tidak mengetahui dari mereka melainkan kebaikan. Maka hanya kepada Alloh lah kami memohon untuk menlingkupi mereka dengan rahmat-Nya dan memasukkan mereka ke dalam surga-Nya, sesungguhnya Alloh Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.
Kabar Gembira Lainnya
Dari Kuroib maula-nya (bekas budak) Ibnu Abbas, dari Abdulloh bin Abbas rodhiyallohu anhuma:
أنه مات ابن له بقديد أو بعسفان فقال يَا كريب: «انظر ما اجتمع له من الناس، قال: فخرجت فإذا ناس قد اجتمعوا له فأخبرته فقال: تقول هم أربعون، قال: نعم، قال: أخرجوه فإني سمعت رسول الله صلى الله عليه وسلم يقول: «ما من رجل مسلم يموت فيقوم على جنازته أربعون رجلاً لا يشركون بالله شيئا إلا شفعهم الله فيه
Telah wafat seorang anak dari Ibnu Abbas di Qudaid atau di Usfan, lalu beliau berkata : “Wahai Kuroib, perhatikanlah apakah orang-orang telah berkumpul untuknya (berta’ziah)”, lalu Kuroib menceritakan : lalu aku pun keluar dan ternyata orang-orang telah berkumpul, lalu aku mengabarkannya kepada Ibnu Abbas, beliau bertanya : “engkau mengatakan jumlah mereka 40 orang?”, aku menjawab : “ya”, beliau berkata : “keluarkanlah jenazahnya, sesungguhnya aku mendengar Rosululloh shollallohu alaihi wa sallam bersabda : “Tidaklah seorang muslim itu mati, lalu jenazahnya disholati oleh 40 orang yang tidak menyekutukan Alloh dengan sesuatu apa pun, melainkan Alloh akan memberinya syafa’at.” [HR Muslim no. 948]
Dan dengan nikmat dan taufik dari Alloh, jenazah al-akh Mahir dan keluarganya disaksikan banyak orang yang memintakan ampunan. Dan kepada Alloh lah kami memohon agar do’a mereka tersebut diterima.
Dan kami mengucapkan : inna lillahi wa inna ilaihi roji’un, kami memohon kepada Alloh agar menempatkan ia dan keluarganya di surga, dan kepada keluarga yang ditinggal diberi ganjaran dan pahala serta ditetapkan hati mereka, dan semoga Alloh memberi ganjaran kepada mereka atas musibah yang menimpa mereka.
والحمد لله رب العالمين وصلى الله وسلم على نبينا محمد وعلى آله وصحبه أجمعين
Tertanggal : 8 September 2008
لله أرحم بعباده من الأم بولدها
سالم بن سعد الطويل
الحمد لله الحي القيوم الذي لا يموت والإنس والجن يموتون والصلاة والسلام على المبعوث رحمة للعالمين وعلى آله وصحبه أجمعين، أما بعد:
فإن الله تعالى له صفات الكمال والجلال وله الحكمة البالغة وما شاء كان وما لم يشأ لم يكن وقضاؤه لعبده المسلم كله خير أهل للثناء والمجد يحمد على كل شيء ورحمته وسعت كل شيء فهو أرحم بعباده من الأم بولدها.
روى البخاري ومسلم في صحيحيهما عن عمر بن الخطاب رضي الله عنه: قدم على النبي صلى الله عليه وسلم سبي، فإذا امرأة من السبي قد تحلب ثديها تسقي، إذا وجدت صبياً في السبي أخذته، فألصقته ببطنها وأرضعته، فقال لنا النبي صلى الله عليه وسلم: (أترون هذه طارحة ولدها في النار). قلنا: لا، وهي تقدر على أن لا تطرحه، فقال: (لله أرحم بعباده من هذه بولدها).
أخي القارئ الكريم ما أعظم هذا الحديث في بيان سعة رحمة الله تعالى، فوالذي نفسي بيده كلما تذكر المسلم هنا الحديث زاد رجاؤه برحمة أرحم الراحمين.
أخي القارئ وفقني الله تعالى وإياك إلى طاعته في الأسبوع الماضي بينما أكتب مقالي الأسبوعي لـ «الإبانة» تلقيت اتصالاً يحمل خبراً مأساوياً أخبرني المتصل أن الأخ المغفور له بإذن الله تعالى (ماهر بن فهد الساير) قد توفي في حادث مروري راح ضحيته معه كل من زوجته أم فهد وأبنائه فهد ويوسف وعثمان وابنته نسيبة رحمهم الله تعالى وأسكنهم جنات النعيم.
تذكرت حديث عمر بن الخطاب رضي الله عنه «لله أرحم بعباده من هذه- أي الأم- بولدها» فقلت سبحان الله الرحمن الرحيم الذي وسعت رحمته كل شيء، قدَّر عليهم بهذا الحادث فنرجو لهم الخير ولعل الله تعالى اختارهم إلى خير مما هم فيه، ولعل ثمَّ منزلة أو درجة عنده تعالى لن ينالها هؤلاء إلا بهذه المصيبة ولن ينالها أهلهم إلا بهذا البلاء فلله الحمد في السماوات والأرض وفي الدنيا والآخرة.
المؤمنون شهداء الله في الأرض
روى البخاري في صحيحه (2642) ومسلم في صحيحه أيضا (949) عن أنس رضي الله عنه قال: «مر على النبي صلى الله عليه وسلم بجنازة فأثنوا عليها خيرا، فقال: (وجبت). ثم مر بأخرى فأثنوا عليها شرا، أو قال: غير ذلك، فقال: (وجبت). فقيل: يا رسول الله، قلت لهذا وجبت ولهذا وجبت؟ قال: «شهادة القوم، المؤمنون شهداء الله في الأرض»، هذا لفظ البخاري
ولفظ مسلم عن أنس بن مالك رضي الله عنه قال:
«مر بجنازة فأثني عليها خيرا، فقال نبي الله صلى الله عليه وسلم «وجبت وجبت وجبت»، ومر بجنازة فأثني عليها شرا. فقال نبي الله صلى الله عليه وسلم «وجبت وجبت وجبت». قال عمر: فدى لك أبي وأمي! مر بجنازة فأثني عليها خيرا فقلت: وجبت وجبت وجبت. ومر بجنازة فأثني عليها شرا فقلت: وجبت وجبت وجبت؟ فقال رسول الله صلى الله عليه وسلم «من أثنيتم عليه خيرا وجبت له الجنة. ومن أثنيتم عليه شرا وجبت له النار. أنتم شهداء الله في الأرض. أنتم شهداء الله في الأرض. أنتم شهداء الله في الأرض».
بشارة
الحمد لله الذي بنعمته تتم الصالحات، أن أخي ماهراً وزوجته وسائر أسرته الكل فيما أعلم يثني عليهم خيرا وقد عرفوا بالاستقامة والديانة وحسن الخلق فعن نفسي وعن كثير ممن عرفتهم وسمعت بعضهم نشهد بأنهم كانوا على خير وما علمنا عنهم إلا خيراً والله تعالى وحده نسأل أن يتولاهم برحمته ويدخلهم جنته إنه سميع عليم.
بشارة أخرى
عن كريب مولى ابن عباس عن عبد الله بن عباس رضي الله عنهما أنه مات ابن له بقديد أو بعسفان فقال يَا كريب: «انظر ما اجتمع له من الناس، قال: فخرجت فإذا ناس قد اجتمعوا له فأخبرته فقال: تقول هم أربعون، قال: نعم، قال: أخرجوه فإني سمعت رسول الله صلى الله عليه وسلم يقول: «ما من رجل مسلم يموت فيقوم على جنازته أربعون رجلاً لا يشركون بالله شيئا إلا شفعهم الله فيه» (رواه مسلم- 948).
وبحمد الله وتوفيقه شهد جنازة الأخ ماهر وأسرته جمع غفير والله نرجو أن يتقبل دعاءهم فيه.
ولا يسعنا إلا أن نقول: إنا لله وإنا راجعون، ونسأل الله تعالى لهم الجنة ولأهلهم الأجر والثواب وأن يربط على قلوبهم ويأجرهم في مصيبتهم، والحمد لله رب العالمين وصلى الله وسلم على نبينا محمد وعلى آله وصحبه أجمعين.
تاريخ النشر
http://ummushilah.0fees.net/wordpress

0 komentar:

Posting Komentar

thank you